Begini Etika Makan Pakai Sumpit Ala Jepang, Jangan Asal Pakai Sumpit!

Sebarkan ke temanmu

Kali ini sukajepang.com mendapatkan tulisan yang sangat bermanfaat dan dapat membuka wawasan kita tentang table manner atau etika makan di Jepang. Berkaitan dengan etika Makan Pakai Sumpit. Yuk kita simak baik-baik.

Bagi kalian yang suka makan makanan Jepang dan udah biasa pake sumpit, yuk belajar manner nya. Siapa tau suatu saat kita jalan jalan ke Jepang.

Di Jepang Sumpit atau o-hashi adalah salah satu bagian penting dari kuliner Jepang, dan merupakan salah satu budaya terpenting. Tapi sekarang kalo kita jalan jalan ke Jepang, sudah banyak resto yang menyediakan sendok bagi mereka yang belum terbiasa menggunakan sumpit.

baca juga : Cara Makan Berbagai Jenis Makanan Jepang

Tapi tata krama menggunakan sumpit di setiap negara Asia itu berbeda-beda. Terkadang cara yang tidak salah di negara lain dianggap SANGAT TABU di Jepang.

Misalnya, di negara lain mungkin menggeser piring saji dengan menggunakan sumpit dianggap biasa, tapi jangan lakukan di Jepang. Menarik piring atau mangkuk ke arah anda dengan sumpit di Jepang dianggap tidak sopan. Mintalah tolong orang terdekat untuk memberikan nya pada anda.

Seperti budaya negara lainnya, menunjuk orang dianggap tidak sopan, dan hal ini juga dianggap sama di Jepang. Menunjuk orang dengan jari saja dianggap tidak sopan apalagi memegang sepasang sumpit sambil menunjuk orang lain dianggap sangatlah tidak sopan. Menggerakan sumpit sambil berbicara juga dianggap tidak sopan.

Selezat apapun makanan yang anda santap, jangan pernah menjilat sumpit. Fungsi sumpit adalah untuk menjepit dan mengangkat makanan, bukan untuk dijilat atau di taruh di dalam mulut. Selain tidak sopan itu juga jorok.

Mengoper makanan ke orang lain dan menerima makanan dari orang lain menggunakan sumpit sangatlah tabu di Jepang. Ini berkaitan dengan budaya mereka. Hal ini dianggap mengingatkan kita akan proses pemakaman Jepang.

Bagi kita yang biasa makan dengan garpu, secara tidak sadar pastinya kita akan melakukan ini ketika menggunakan sumpit. Tetapi jangan lupa, sumpit berbeda dengan garpu, dan kita tidak boleh menusuk makanan dengan sumpit. Sumpit digunakan untuk menjepit makanan yang mau di ambil. Alasan mengapa orang Jepang tidak suka hal ini adalah karena tidak enak dilihat, dan makanan pun mungkin akan jatuh.

Di Jepang meletakkan sumpit diatas mangkuk atau piring saat makan dianggap sudah selesai makan dan akan melakukan pembayaran. Jadi bila memang belum selesai menyantap makanan yang ada di mangkuk atau piring anda, letakkan sumpit disamping mangkuk atau di atas tatakan sumpit yang biasanya disediakan.

Terakhir yang terpenting lagi jangan menancapkan sumpit di mangkuk ya….

Sekedar tambahan ilmu aja supaya tidak malu ketika berlibur ke Jepang!

Dmikianlah artikel kali ini tentang etika Makan Pakai Sumpit ala Jepang. Gimana ? bertambah lagi deh wawasan kita tentang Jepang. Terima kasih telah membaca di blog ini, simak dan pantau terus blog ini untuk artikel tentang Jepang terbaru.

sumber : tulisan Maya Purnamihaju Artanty


Sebarkan ke temanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *