Fakta Geografis Jepang

Sebarkan ke temanmu

Jepang adalah negara kepulauan yang terletak di sepanjang pantai timur benua Asia. Kepulauan Jepang terdiri dari empat pulau besar (Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu – lihat di bawah), pulau Okinawa, dan ribuan pulau kecil lainnya, dengan total lahan sekitar 364.000 kilometer persegi — ukuran yang sebanding dengan Wailayah California atau Jerman. Pulau-pulau membentang dari sub-arctic Hokkaido ke Okinawa subtropis. Negara tetangga terdekat dengan Jepang adalah Korea, Cina, dan Rusia.

Fakta Geografis Jepang

Jepang memiliki populasi sekitar 127 juta, menjadikannya sebagai negara terpadat ke-10 di dunia (baca : Krisis Penduduk, Negara Jepang Banyak Lansia Daripada Anak Muda). Sekitar 70% dari daratan adalah pegunungan, dan pusat populasi berkembang sekitar 30% sisanya. 75% dari populasi tinggal di daerah perkotaan, menghasilkan kepadatan penduduk kota yang tinggi.

Baca : Fakta Gunung Fuji, Gunung tertinggi di Jepang.

Meskipun penduduknya terpusat, lebih dari separuh Jepang tidak berpenghuni, dengan lebih dari separuh tanah negara yang terdiri dari pegunungan yang curam, tertutup hutan dan zona vulkanik. Lokasi Jepang di atas beberapa sistem sesar menghasilkan kejadian seismik yang sering terjadi setiap tahun.

Bangsa Jepang secara tradisional dibagi menjadi 8 wilayah (Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kinki / Kansai, Chugoku, Shikoku, dan Kyushu), yang selanjutnya dibagi menjadi 47 prefektur untuk administrasi pemerintahan. Tokyo, ibu kota, terletak di wilayah Kanto di pulau utama Honshu.

Fakta Geografis Jepang -Iklim

Sebagian besar wilayah Jepang berada dalam Zona Utara Beriklim Sedang dan beriklim monsun yang lembab dengan angin tenggara yang bertiup dari Samudera Pasifik selama musim panas dan angin barat-laut yang bertiup dari benua Eurasia (Eropa-Asia) pada musim dingin. Jepang memiliki pembagian empat musim yang jelas, yaitu :

  • · Musim Panas
  • · Musim Semi
  • · Musim Gugur
  • · Musim Salju

Jepang merupakan pulau yang memanjang dari utara ke selatan. Di bagian tengah kepulauannya terdapat gunung yang tinggi. Oleh karena itu di daerah bagian utara Jepang berbeda dengan iklim yang terjadi di daerah bagian selatan negara Jepang. Selain dari itu iklim di daerah yang dekat dengan laut Jepang berbeda dengan iklim di daerah yang dekat dengan lautan Pasifik.

Oleh karenanya Jepang terbagi atas enam zona iklim:

• Hokkaido: Kawasan paling utara beriklim sedang dengan musim dingin yang panjang dan membekukan, serta musim panas yang sejuk. Presipitasi tidak besar, namun salju banyak turun ketika musim dingin.

• Laut Jepang: Di pantai barat Pulau Honshu, tiupan angin dari barat laut membawa salju yang sangat lebat. Pada musim panas, kawasan ini lebih sejuk dibandingkan kawasan Pasifik. Walaupun demikian, suhu di kawasan ini kadangkala dapat menjadi sangat tinggi akibat fenomena angin fohn.

• Dataran Tinggi Tengah: Wilayah ini beriklim pedalaman dengan perbedaan suhu rata-rata musim panas-musim dingin yang sangat mencolok. Perbedaan suhu antara malam hari dan siang hari juga sangat mencolok.

• Laut Pedalaman Seto: Barisan pegunungan di wilayah Chugoku dan Shikoku menghalangi jalur tiupan angin musim, sehingga kawasan ini sepanjang tahun beriklim sedang.

• Samudra Pasifik: Kawasan pesisir bagian timur Jepang mengalami musim dingin yang sangat dingin, namun tidak banyak turun salju. Sebaliknya, musim panas menjadi begitu lembap akibat tiupan angin musim dari tenggara.

• Kepulauan Ryukyu: Kepulauan di barat daya Jepang termasuk Kepulauan Ryukyu beriklim subtropis, hangat sewaktu musim dingin dan suhu yang tinggi sepanjang musim panas. Presipitasi sangat tinggi, terutama selama musim hujan. Taifun sangat sering terjadi.


Sebarkan ke temanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *