Makanan Jepang, Resep Membuat Gyoza Goreng

Kuliner Jepang : Resep Membuat Gyoza Goreng

Berhubung harganya lumayan mahal… Mending bikin sendiri aja, gampang kok. Tapi sebelum kita bahas resep membuat gyoza goreng dan cara masaknya, mari kita simak dulu sekilas tentang makanan ini.

Gyoza adalah kue Jepang yang menggunakan kulit pangsit tipis sebagai makanan ringan yang terdiri dari daging dan sayuran. Dengan menggoreng bagian bawah Gyoza dan kemudian di steam uap. Asal Gyoza berasal dari China. Meskipun, ada banyak perbedaan antara gyoza Jepang dan Gyoza Cina.

Makanan Jepang, Resep Membuat Gyoza Goreng

Resep Membuat Gyoza Goreng

Makanan Gyoza jepang sangat cocok dimakan dengan nasi sebagai makanan sehari hari bagi orang jepang. Gyoza jepang biasanya menggunakan kulit pangsit tipis yang digoreng bagian bawahnya untuk membuatnya renyah dan gurih. Dan menambahkan sedikit bawang putih dalam pangsit tersebut yang tidak ditambahkan pada pangsit cina. Untuk menambahkan kenikmatan selain memberikan kecap dan cukatidak lupa menambahkan minyak cabai merah dalam saus untuk cocolan gyoza saat memakannya. Beda dengan gyoza jepang, Gyoza cina menggunakan kulit pangsit tebal dibandigkan dengan Gyoza jepang dan menjadi hidangan utama tanpa nasi. Dan hanya direbus lalu menambahkan saus yang terbuat hanya dari kecap dan cuka tanpa menggunakan sambal. Bahan :

  • Kulit gyoza ( ane pake kulit pangsit, potong bentuk bundar)
  • Daging giling 250gram (ane mix ayam dan udang)
  • Kol dan daun bawang diiris dicincang sehalus – halusnya

Bumbu : 1 sdm soya sauce 1 sdm minyak wijen 2 sdm saos tiram Bawang putih+jahe diparut Garam+ gula secukupnya 1 sdm tepung tapioka Kaldu bubuk/vitsin (ane skip) Cara membuat :

  1. Dalam wadah, masukkan daging,soya sauce,minyak wijen,saos tiram, bawang dan jahe parut, garam,gula.
  2. Aduk sampai rata trus masukkan kol dan daun bawang
  3. Masukkan tepung tapioka, aduk lalu diamlan di kulkas 1 jam
  4. Ambil kulit gyoza, isi sedikit adonan di bagian tengah. Pinggiran kulit dibasahi dengan sedikit air, lalu rekatkan. Bentuk ujung agar terlihat menarik seperti membuat pastel
  5. Di wajan anti lengket,oles sedikit minyak goreng, kemudian susun gyoza di dalam wajan. Tuang air (kira-kira 2¬†gelaa air, asal gyozanya “kerendem”) kemudian tutp wajan. Harus ditutup ya gan, karena uap air in yg bikin kulit¬†gyoza lembut dan mateng.
  6. Tunggu kira-kira 6 menit ato sampai air nya habis, tuang 2 sendok makan minua goreng ke dalam wajan.Tunggu kira 2-3 menit, lalu angkat gyoza.
  7. Daaaannnn jadi deh ..
  8. Makannya bisa pake soya sauce yg dicampur vinegar (bisa juga pakai sambal bangkok\…hehhee) Makanan Jepang, Resep Membuat Gyoza Goreng
sumber : hyunanoona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *