Mengapa Orang Jepang Tidak Mau Memberikan Tempat Duduk kepada Orang Tua?

Tidak Sopan! Pemuda di Jepang Tidak Mau Beri Tempat Duduk Kepada Orang Tua

Sebarkan ke temanmu

Sobat sukajepang, ada hal menarik dan tidak terduga nih tentang kebiasaan kehidupan bersosial di Jepang. Berikut ceritanya. Jika Anda datang ke Jepang, Anda akan terpesona melihat budaya saling menghormati di Jepang. Tapi ketika Anda menaiki transportasi umum seperti kereta cepat atau bus, mungkin Anda akan sering melihat pemuda-pemudi yang duduk di kursi sementara ada beberapa orang yang lanjut usia berdiri. Jadi hal ini menimbulkan pertanyaan dan mungkin meragukan Anda mengapa dalam budaya saling menghormati dan sopan di sana namun tidak mau memberi kursi mereka kepada orang yang lebih tua dari mereka?

Mengapa Orang Jepang Tidak Mau Memberikan Tempat Duduk kepada Orang Tua?

Di sebagian besar negara, menunjukkan rasa hormat dan prioritas untuk orang tua dianggap sebagai sifat baik dan sopan santun. Tetapi jika Anda menghabiskan waktu di Jepang mengobrol dengan orang tua, Anda akan melihat itu bukan hanya tentang menjadi sopan, ini tentang penanganan keterampilan sosial yang tepat!

Mengapa Orang Jepang Tidak Mau Memberikan Tempat Duduk kepada Orang Tua?

Setelah satu setengah tahun di Jepang, di mana saya telah menghabiskan banyak waktu mengobrol dengan orang tua sambil menunggu bus, saya menyadari orang tua Jepang juga sangat berpikiran terbuka dan ramah. Suatu hari saya bertanya kepada seorang tetangga di jepang tentang apa yang saya lihat ketika saya menggunakan transportasi umum. Dia menjelaskan bahwa jika dia naik bus dan seseorang menawarkan dia tempat duduk, maka akan muncul dalam pikirannya : ” Ah ~ Apakah saya sudah begitu tua sehingga seorang anak muda perlu memebrikan tempat duduk? ” ini akan mengingatkan dia,” Kau sudah tua! “, saya yakin bahwa banyak orang lain yang juga dalam kondisi yang sama.

Saya sendiri pernah mengalami kecanggungan yang sama ketika saya menawarkan tempat duduk kepada seorang wanita dan anak-anaknya di dalam bus, tapi hasilnya… bukan ucapan terima kasih yang didapat, namun dia menolak duduk di kursi itu.

Mengapa Orang Jepang Tidak Mau Memberikan Tempat Duduk kepada Orang Tua?

Baru-baru ini, seorang teman Jepang hanya mengatakan kepada saya: “Bahkan jika Anda memiliki kemauan yang baik menawarkan kursi Anda, itu tidak berarti orang lain harus menerima kebaikan Anda”. Ada beberapa orang yang takut mereka telah membuat keadaan Anda tidak nyaman  atau hanya tidak ingin menerima belas kasihan Anda. Sebagai fakta, Jepang adalah negara yang memiliki pertumbuhan populasi orang tua yang cukup besar, perspektif mereka tentang memberikan prioritas kepada “orang tua” sedikit berbeda dari kebanyakan negara lain di Asia.

Orang-orang di Jepang tidak ingin dilihat sebagai “orang tua” atau “sebagai orang yang menyebabkan masalah bagi orang lain”, jika Anda bersikeras menawarkan mereka tempat duduk, maka hal terbaik untuk dilakukan menurut pengalaman saya adalah dengan berpura-pura berdiri seakan-akan mau turun dari bus di stasiun/halte berikutnya. Hanya berdiri dan berjalan menuju dekat pintu keluar bus, atau ke kabin lain (jika Anda berada di kereta api). Jika orang melihat bahwa kursi kosong dan jika mereka bersedia untuk duduk, mereka akan langsung dan mengambil tempat tersebut. gitu aja..

sumber : http://jpninfo.com/21297


Sebarkan ke temanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *