Teknologi

Beginilah Penggunaan Gadget Orang Smartphone

Budaya Menggunakan Gadget Orang Jepang

Pencapaian teknologi, Jepang sangat diakui di mata dunia. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana budaya menggunakan ponsel di negara jepang ini? Mereka salah satu yang paling menonjol dalam menginovasi teknologi. Di negara ini beragam teknologi canggih terus dibuat atau dikembangkan.

Sebagai negara teknologi, kira-kira bagaimana masyarakatnya dalam memanfaatkan barang buatan dalam negeri ? Ternyata masyarakat Jepang cukup bijaksana dalam menggunakan gadget yang mereka miliki. Maksudnya mereka tahu kapan waktu yang tepat dalam menggunakan gadget dan kapan harus menyimpannya.

Kebiasaan tersebut seharusnya menjadi contoh yang baik bagi negara-negara lain, khususnya Indonesia yang terkenal dengan masyarakatnya yang maniak gadget. Dan berikut ini budaya orang Jepang dalam menggunakan gadget.

1. Tidak menggunakan ponsel ketika menggunakan kendaraan umum

Budaya Menggunakan Gadget Orang Jepang

Saat kamu berkunjung ke Jepang dan menaiki transportasi umum seperti kereta, jangan heran apabila seorang penumpang membiarkan ponselnya berdering. Mereka bukannya tidak mau mengangkat telepon, tetapi kebiasaan orang Jepang menganggap jika bertelepon di dalam transportasi umum dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain.

2. Tidak menggunakan ponsel saat bekerja

Budaya Menggunakan Gadget Orang Jepang

Peran penting ponsel bagi manusia membuat benda ini harus dibawa kemana-mana, termasuk bekerja. Tetapi di Jepang Anda dilarang menggunakan ponsel ketika sedang bekerja. Larangan ini awalnya diperuntukkan bagi mereka yang bekerja untuk sebuah perusahaan. Namun lama-kelamaan malah menjadi suatu kebiasaan tersendiri bagi orang Jepang supaya fokus terhadap pekerjaan.

3. Tidak menggunakan headset saat telepon

Budaya Menggunakan Gadget Orang Jepang

Bagi orang Jepang, headset hanya digunakan untuk mendengarkan musik dan tidak untuk bertelepon. Masyarakat disana sudah terbiasa bertelepon tanpa menggunakan headset. Menurut mereka, bertelepon tanpa headset lebih baik dan menghindari ejekan orang lain. Jikalau terpaksa menggunakan headset, mereka akan memegang bagian ujung supaya orang lain tahu bahwa ia sedang telepon.

4. Foto profil menggunakan avatar

Budaya Menggunakan Gadget Orang Jepang

Berbeda dari masyarakat negara lain yang suka memamerkan foto profil menggunakan foto sendiri. Orang Jepang malah lebih suka apabila foto profil mereka menggunakan gambar avatar. Namun gambar avatar tersebut tidak asal ambil dari google ya. Mereka lebih suka membuat sendiri untuk kemudian dijadikan foto profil.

5. Aksesoris ponsel

Beginilah Penggunaan Gadget Orang Smartphone

Sekitar sepuluh tahun yang lalu, masyarakat Indonesia sangat suka apabila ponselnya diberi aksesoris. Entah itu case, gantungan, atau stiker. Namun saat ini hanya case saja yang masih bertahan menjadi aksesoris ponsel.

Lain di Indonesia lain pula di Jepang. Orang-orang disana rela mengeluarkan uang yang tak sedikit hanya untuk membeli aksesoris hanphone. Umumnya kebiasaan ini dilakukan anak remaja perempuan untuk menghias gadgetnya. Selain agar lebih cantik, aksesoris tersebut juga berfungsi untuk membedakan ponsel dengan milik orang.

sumber : http://www.bacatulisan.com/2017/02/kebiasaan-orang-jepang-saat-menggunakan-gadget-yang-perlu-dicontoh.html

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

loading...

Paling Populer

To Top