Tidak Mirip Orang Jepang, Miss Universe Jepang Jadi Kontroversi

Tidak Mirip Orang Jepang, Miss Universe Jepang Jadi Kontroversi

Sebarkan ke temanmu

TOKYO – Walaupun dilahirkan dan dibesarkan di Sasebo, Nagasaki, pemenang kontes kecantikan Miss Universe 2015 tingkat Jepang, Ariana Miyamoto, 20 tahun, dikritik warga negara ‘matahari terbit’ karena foto dirinya sendiri. Gadis yang lahir pada 12 Mei 1994 itu dikecam banyak netizen seluruh Jepang meskipun disahkan sebagai juara ajang tahunan tersebut yang berlangsung meriah di Hotel Chinzanso di Bunkyo-ku, pada 12 Maret lalu.

Ariana atau yang memiliki nama lengkap Miyamoto Eriana Mamiko hingga kini terus dianggap ‘orang luar’ dibandingkan gadis Jepang hanya karena ayahnya, seorang pria keturunan Afrika Amerika yang menikahi ibunya seorang yang memang orang Jepang asli. Dia yang memiliki tinggi badan 1.73 meter dengan mata berwarna perang; memenangkan gelar Miss Nagasaki seterusnya hingga menjuarai tingkat nasional dan akan mewakili Jepang ke ajang Miss Universe Internasional di Amerika Serikat (AS) pada akhir tahun ini.

Miss Universe Jepang 2015

Koran-koran Jepang mengklaim, sebagian besar warga negara itu tidak dapat menerima kenyataan orang asing campuran Jepang sebagai pemenang Miss Universe Jepangmereka lebih menyukai jika memang gadis asli Jepang dengan wajah khas mereka yang jadi pemenangnya.

“Miss Universe Jepang bukan orang Jepang,” tulis seorang wanita melalui media sosial Twitter sementara beberapa netizen mempertanyakan kesetiaan Ariana ke Jepang karena pindah ke AS untuk belajar di sekolah tinggi dan bekerja di sana.

“Tidak masuk akal orang luar mewakili Jepang, bahkan wajahnya pun tidak seperti muka orang Jepang kebanyakan,” kata seorang remaja perempuan yang kecewa dengan isu itu melalui situs populer tersebut dan dikutip beberapa koran lokal.

Meskipun Jepang dihuni 2,4 juta warga asing atau dua persen dari jumlah penduduk negara itu, warga Jepang umumnya kurang nyaman bertetangga dengan orang luar, tetapi masih menerima baik kedatangan wisatawan khususnya dari Asia tenggara.

Tidak Mirip Orang Jepang, Miss Universe Jepang Jadi Kontroversi
Jepang pernah dua kali memenangkan Miss Universe yaitu pada 1959 dan 2007 , kompetisi elit wanita tercantik dunia yang dimulai sejak 1952 dibawah naungan Miss Universe Organization berbasis di New York, AS dan diikuti perwakilan dari lebih 80 negara

Kemangan Jepang sama dengan jumlah kemenangan dari perwakilan Australia, Brazil, Kolombia, Kanada, Finlandia, Meksiko, Thailand, India dan Filipina sedangkan paling banyak juarai Miss Universe adalah AS sebanyak 8 kali, diikuti Venezuela (7), Puerto Rico (5) dan Swedia (3). baca juga Petani Jepang Produksi Telur Ayam Beraroma Jeruk


Sebarkan ke temanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *