Gunung Fuji sebagai Situs Warisan Dunia

Sebarkan ke temanmu

Halo, minna. Masih tetap semangat kan? Masih lah, masih dong, walau dompet bolong, semangat tetap plong! (Garing)

Hmm.. by the way tau Gunung Fuji, kan? Atau bahkan ada yang udah pernah ke sana? Atau minimal mimpi lah ke sana? Atau jangan-jangan mengidam-idamkan untuk nembak cewek di sana? LOL. Kali ini kita ada info menarik tentang Gunung Fuji nih. Beberapa hari yang lalu Gunung Fuji sudah resmi dinobatkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Peresmian ini dilakukan pada tanggal 22 Juni 2013, tepatnya dalam event World Heritage Committee ke 37 yang berlangsung tanggal 16-27 Juni lalu di Phnom Penh, Kamboja (Tau kan? Hari gini? Masak nggak tau? Googling lah coy!).

Oke, omong-omong tentang Gunung Fuji, gunung ini adalah gunung tertinggi di Jepang, yaitu 3.776 m, yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo (Tau nggak?). Selain itu, Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Si Fuji ini dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya), serta dikelilingi juga oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu dan Shoji. Maklum, mungkin karena keindahannya, si Fuji banyak dikelilingi fans (Eh!).

Gunung Fuji

Seperti yang kita semua ketahui, Gunung Fuji adalah simbol Jepang yang sangat terkenal. Gunung Fuji sering digambarkan dalam karya seni dan foto-foto, serta dikunjungi pendaki gunung maupun wisatawan. Gunung Fuji diperkirakan terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu, yang merupakan berapi yang sampai kini masih aktif walaupun memiliki kemungkinan letusan yang rendah. Fuji sendiri terakhir kali meletus pada tahun 1707.

Kegembiraan warga jepang setelah Gunung Fuji masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia

Ah, info menarik lainnya nih mengenai Gunung Fuji ialah gunung ini didaki Sekitar 200.000 orang setiap tahunnya, yang 30% di antaranya adalah turis internasional. Waktu yang paling banyak dikunjungi serta didaki oleh turis adalah sekitar tanggal 1 Juli hingga 27 Agustus. Pendakian bisa memakan waktu dari 3 hingga 7 jam sementara penurunan gunung mencapai sekitar 2 hingga 5 jam.

Balik lagi mengenai penobatan sebagai situs warisan dunia, ternyata perjuangan masyarakat Jepang untuk membuat Gunung kebanggaan mereka ini menjadi salah satu situs dunia yang diakui tidak gampang. Pada 2003, Pemerintah Jepang mencoba mendaftarkan Gunung Fuji sebagai Warisan Dunia. Namun saat itu di wilayah Gunung Fuji terjadi pembuangan sampah ilegal secara besar-besaran, sehingga UNESCO memutuskan tidak memasukannya dalam daftar. Jepang harus menunggu 10 tahun hingga akhirnya Gunung Fuji masuk daftar situs warisan dunia tersebut. Penetapan Gunung Fuji sebagai Warisan Dunia ini disepakati oleh 21 anggota komite. Dengan penetapan ini, Gunung Fuji menjadi objek ke-17 yang dari Jepang yang masuk daftar Warisan Dunia.

Perlu kita ketahui (nggak wajib juga sih) bahwa sudah lebih dari 960 situs di seluruh dunia berada dalam daftar UNESCO. Eh, tunggu dulu coy, maksud ‘situs’ di sini bukan yang seperti yang biasa kita ketik untuk konek di internet, seperti facebook, twitter, ataupun kaskus, tapi situs yang dimaksud di sini ialah tempat-tempat yang dianggap memiliki keindahan ataupun nilai budaya yang luar biasa, yang pastinya bisa menarik para turis, baik lokal maupun internasional. Daftar situs Warisan Dunia UNESCO bisa minna lihat di sini ? Daftar

Google Doodle Gunung Fuji

Ada lagi nih info menarik lainnya yang masih berhubungan dengan penobatan tadi. Minna tau Google Doodle kan? Itu loh gambar pengganti tulisan “Google” di homepage nya google tiap ada suatu hari peringatan internasional. Nah, atas penobatan Gunung Fuji tadi ternyata Google juga merayakannya dengan menghadirkan doodle yang menampilkan gambar gunung Fuji. Namun, sayangnya doodle gunung Fuji yang dihadirkan sebagai momen perayaan tersebut hanya bisa dinikmati oleh warga di Jepang saja (Kasian deh kita -_-). Tapi, ada tapinya ni, ternyata doodle yang dibuat oleh Google untuk gunung Fuji ini tidak terkesan wah, karena desainnya yang terkesan simpel dan biasa saja. Oalah. Padahal biasanya kalau ada doodle tuh, terkadang kita bisa terlena melihatnya atau bahkan nyempatin bermain game-nya kan? Sampe-sampe lupa mau nyari bahan tugas.

Hmm, nampaknya sekian dulu info mengenai Penobatan Gunung Fuji kali ini. Tetap semangat dan tetap kunjungi web kami ya! Sayounara! 😀


Sebarkan ke temanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *